20253

HARI INI 148
BULAN INI 20253
TAHUN INI 3003

PELATIHAN TATA KELOLA DESTINASI TAHUN 2024

Publish Sabtu, 15 Juni 2024

Dibaca 146 kali

Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Kabupaten Sidoarjo telah mengadakan kegiatan Pelatihan Tata Kelola Destinasi yang diselenggarakan selama dua hari yaitu pada hari Rabu s/d Kamis, tanggal 12 s/d 13 Juni 2024 bertempat di Hotel Swiss Bell Inn, Jl. Raya Juanda, Km 1,88 Semambung Gedangan. Kegiatan ini diikuti oleh 30 peserta dari 3 desa di wilayah Kabupaten Sidoarjo, yaitu Desa Ponokawan Kecamatan Krian, Desa Candipari Kecamatan Porong, dan Desa Kedungpandan Kecamatan Jabon.

Kegiatan pelatihan ini dibuka secara langsung oleh Bapak Yudhi Iriyanto, S.Sos, MM, selaku Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Kabupaten Sidoarjo. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa pengelolaan destinasi wisata yang baik adalah penting bagi kita semua dan bukan hanya tanggung jawab pemerintah atau industri pariwisata, tetapi juga merupakan kewajiban bersama masyarakat lokal, pelaku bisnis, dan pengunjung di suatu obyek wisata. Dengan menjaga keseimbangan antara keberlanjutan lingkungan, kesejahteraan sosial, dan manfaat ekonomi, destinasi wisata dapat menjadi warisan berharga yang tetap lestari untuk generasi mendatang, karena pada dasarnya Tata Kelola Destinasi adalah koordinasi dan integrasi dari semua elemen yang membentuk destinasi yang meliputi daya tarik, atraksi, fasilitas, akses, pemasaran, dan harga.

Kegiatan ini juga menghadirkan para narasumber yang berkompeten dibidangnya, diantaranya adalah Dra. Susiati, MM (Kabid Destinasi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur), Abdillah Nasih (Anggota Komisi D DPRD Kabupaten Sidoarjo),  H. Sullamul H. Nurmawan, S. Th. I (Anggota Komisi B DPRD Kabupaten Sidoarjo), Drs. Djoko Supriyadi (Penggiat seni budaya dan pariwisata, Ketua PEPADI Sidoarjo), dan Sugiarti Ningsih, SE, MM (Trainer Pariwisata Nasional KEMENPAREKRAF RI).

Dengan dilaksanakannya kegiatan pelatihan tata kelola destinasi ini, diharapkan para peserta mampu meningkatkan pengetahuan, motivasi dan kemampuan, serta kesadaran dalam melakukan tata kelola, bisnis dan pemasaran destinasi pariwisata, memahami faktor-faktor penting dalam pengembangan dan penyelenggaraan tata kelola, serta melakukan evaluasi terhadap upaya tata kelola yang dilakukannya, demikian seperti yang disampaikan oleh Kepala Bidang Pariwisata: Vira Mukti Krida Laksmi, S.STP., MH pada penutupan kegiatan pelatihan tersebut.

Bagikan :

Loading...